XL Merilis Secara Resmi KotaGames


Tahun ini XL makin agresif memperkuat lini bisnis konten dan aplikasinya. Setelah meluncurkan XL Blaast pada Januari lalu, hari ini XL merilis secara resmi KotaGames, Social Games berbasis WAP.
"Semua ponsel yang telah memiliki GPRS dapat memainkan game ini," ujar General Manager Content and Application XL, Revie Sylviana Andriani Dewi, saat peluncuran permainan ini di Euphoria Cafe, Menara Prima, Mega Kuningan, Jakarta, Senin, 12 Maret 2012.
Peluncuran game ini, menurut Revie, merupakan strategi untuk mendekati pengguna XL yang 70 persen masih menggunakan feature phone. Untuk memainkan game dalam KotaGames, pengguna dapat mengakses http://m.kotagames.com melalui browser dalam perangkat, atau mengetik kode *123*5888#.

Layanan ini tersedia dalam dua paket, yaitu Rp 500 untuk 24 jam, dan Rp 250 untuk 12 jam, belum termasuk PPn. Revie menegaskan layanan ini tidak menggunakan mekanisme berlangganan, sehingga pengguna tidak harus melakukan unregistered bila ingin berhenti menggunakannya. »Pelanggan juga tidak lagi dikenai biaya untuk layanan data," ujar Revie.
Dalam KotaGames ada enam games yang dapat dimainkan, antara lain Demon Hunter, Monster Fight,Meteor City, Hermit Defense, Fun Factory, dan Club Wars. Aktivitas pengguna saat memainkan game ini dapat juga di-posting sebagai status Twitter atau Facebook. Ke depannya akan ada game lain yang akan ditambahkan dalam layanan ini.
Revie menyatakan program ini sebenarnya sudah mulai dijalankan sejak Februari lalu. "Meski tanpa promosi, sudah ada 51 ribu pengguna yang bermain di KotaGames," ujarnya.
Revie berharap pada akhir tahun nanti 500 ribu pengguna menjadi anggota di layanan ini. Alasannya, pertumbuhan pengguna game online di Asia, termasuk Indonesia, masih cukup tinggi. Inilah yang menjadi alasan Xl menggenjot keuntungan dari lini ini.
Sebelumnya, XL telah bekerja sama dengan tiga publisher game internasional, yaitu EA, Gameloft, dan Squarenix. "Namun kerja sama itu sifatnya masih pay per download. Melalui social games ini kami mencoba dengan cara baru," ujar Revie.

No comments: