Kenapa Printer tidak bisa narik Kertas

Di kesempatan kali ini saya ingin menjawab pertanyaan dari temen 2 kmerin yang printernya mogok ngeprint ( gak bisa narik kertas ) :

Ada banyak penyebab kenapa printer warna sobat tak mau menarik kertas. Kalau yang sobat taruh papan playwood terang aja nggak mau narik..!!, tapi kedepan cak sulis berharap ada printer yang bisa mencetak playwood, jadi kalau mau cetak playwood bergambar kan lebih enak.


Penyebab dari printer sobat tidak mau menarik kertas diantaranya adalah :

  • Media yang sobat cetak licin
  • Roll penarik printer sobat patah
  • Ada benda asing masuk dalam roll printer
  • Printer tak dihidupkan (kalau ini orang gila juga tau)

Kita bahas satu-persatu :

  • Media yang sobat cetak licin : Apabila sobat mencetak dengan media licin seperti kertas double site mate kira-kira sampai hitungan 20 sampai 50 lembar, printer sobat sudah susah menarik kertas, cara mengatasinya adalah sediakan air secukupnya, pada saat printer sudah tidak bisa menarik lagi usapkan air pada karet penarik kertas sambil putar sampai terasa kesat. Coba print lagi dan "LANCAR" ulangi setiap macet.
  • Roll penarik printer sobat patah : Kalau ini jika sobat tidak menguasai bongkar pasang printer, sobat tidak bisa mengganti sendiri serahkan ke service. Tapi kalo sobat mau bongkar sendiri sangatlah mudah cuma perlu waktu 15 sampai 30 menit, dengan syarat sobat sudah punya pengganti untuk roll yang patah. Sobat bisa bongkar printer lama sobat yang udah nggak terpakai, dan pasang ke printer yang patah. Ciri-ciri dari roll penarik patah adalah kalau dipegang bisa goyang ke muka dan belakang.
  • Ada benda asing masuk dalam roll printer : Hal ini kadang-kadang membuat pusing karena letaknya di dalam jadi bingung kenapa printer ngadat. Cara mudahnya adalah sobat membersihkan roll dalam dengan memprint kertas yang agak tebal misal karton kira-kira 130 sampai 250 gram. Lakukan perintah printer misal Ctrl + P, pilih Properties, maintenance dan biasanya Bottom Plate Cleaning, OK

Kalau ada hal-hal lain diluar kemampuan sobat silahkan hubungi customer service saja. Selesai
Semoga Bermanfaat 

No comments: