Korupsi memang sudah mengakar di negara kita tercinta INDONESIA, satu kasus belum selesai tambah dua kasus lagi..belajar dari masalah politik  Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Pendidikan akan mencanangkan Program Pembelajaran Pendidikan antikorupsi pada 2 Mei 2012 bertepatan Hari Pendidikan Nasional.

Sekretaris Dinas Pendidikan Biak Kamaruddin S.Pd,MM dihubungi di Biak, Senin, mengakui, pencanangan program pembelajaran pendidikan antikorupsi bagi siswa SD,SMP dan SMA/SMK akan dilakukan Bupati Biak Yusuf Melianus Maryen 2 Mei mendatang.

"Modul materi pembelajaran pendidikan antikorupsi telah siap dan selesai dicetak sehingga launching programnya dilaksanakan seusai acara pada Hari Pendidikan Nasional," katanya.

Ia mengatakan, komitmen Bupati Biak Yusuf Melianus Maryen untuk mendorong program pendidikan antikorupsi lewat sekolah diharapkan bisa memberikan informasi dan pengetahuan kepada siswa mengenai tindak pidana korupsi serta bagaimana sanksi hukuman bagi pelakunya.

Tujuan lain pembelajaran program pendidikan antikorupsi,lanjut Kamaruddin, sebagai bekal wawasan terhadap pendidikan antikorupsi.

"Materi pembelajaran pendidikan antikorupsi disusun guru-guru yang telah dilatih serta mendapat bimbingan dan masukan dari pihak berkepentingan seperti lembaga KPK dan Kejaksaan serta aparat penegak hukum lainnya," kata Kamaruddin.

Dia berharap, materi pembelajaran pendidikan antikorupsi yang segera dicanangkan pada lingkungan pendidikan di Kabupaten Biak Numfor mendapat dukungan berbagai elemen masyarakat sehingga bisa memberikan pengetahuan luas kepada siswa untuk mencegah perbuatan tindak pidana korupsi.

Berdasarkan informasi alokasi anggaran untuk menyusun dan mencetak materi pembelajaran pendidikan antikorupsi dibiayai Pemkab melalui SKPD Dinas Pendidikan tahun anggaran sejak 2010/2011. (M039)